Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Yang Nyaman dengan Suspensi Empuk


Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) merupakan mobil yang paling ideal digunakan sebagai mobil keluarga. Bisanya mobil ini mampu menampung 7 orang penumpang dan nyaman saat digunakan untuk jarak jauh ataupun dekat. Ada banyak sekali merek mobil berjenis MPV yang cocok digunakan sebagai mobil keluarga. 

Salah satu contohnya adalah Suzuki Ertiga. Ertiga sendiri berasal dari kata R yang merupakan singkatan dari kata bahasa inggris Row yang berarti ruas sedangkan Tiga berasal dari bahasa Indonesia yang merupakan bilangan. Ertiga sendiri memiliki makna tiga ruas/baris yang berarti mobil ini memang diciptakan memiliki tiga ruas/baris yang mana jenis mobil seperti ini sangat cocok digunakan sebagai mobil keluarga.

Dari sisi eksterior, mobil ini terlihat lumayan bagus dan yang terkenal dari mobil ini adalah suspensinya yang nyaman, sehingga tidak membuat penggunanya capek saat perjalanan jauh. Berikut ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga yang layak dijadikan mobil keluarga. 

Kelebihan Suzuki Ertiga

1. Interior Mewah


Tidak seperti mobil lain yang memiliki dashboard berbahan plastik, Suzuki Ertiga dilengkapi dengan dashboard berbahan kayu yang memberikan kesan mewah. Jarang-jarang ada mobil yang berani menggunakan bahan kayu. Selain memiliki desain interior yang mewah, bahan yang digunakan pun juga cukup bagus dan kabinnya juga lega. Ini tentunya dapat menambah kenyamanan penggunanya.

2. Irit BBM 

Rasanya tidak lengkap kalau mobil MPV tidak dilengkapi dengan kemampuan mesin yang irit bbm. Untungnya, Suzuki telah menyematkan teknologi khusus untuk menangani hal ini. Teknologi tersebut bernama VVT (Variable Valve Timing) yang berguna dalam menghemat konsumsi bbm. Per liternya, Suzuki Ertiga mampu menempuh jarak sampai 16,5 km di luar kota dan 12 km di dalam kota. 

3. Fitur Lengkap


Suzuki Ertiga memiliki fitur keselamatan yang cukup mumpuni, diantaranya rem ABS dan EBD, airbag, audio steering switch, head unit double din, dan semburan AC berbagai arah. Pada panel clusternya juga terdapat MID (Multi Information Display) yang memuat informasi konsumsi bbm dan suhu udara luar.

4. Spare Part Mudah Dicari

Suzuki masuk dalam merek mobil dan motor yang cukup populer di Indonesia. Dealer dan bengkel resminya pun juga ada dimana-mana. Jadi Anda tidak akan kesulitan saat mengganti spare part atau melakukan servis.

5. Suspensi Empuk


Ini dia kelebihan yang paling menonjol dari Suzuki Ertiga. Dengan kombinasi suspensi MacPherson Strut dengan coil spring di bagian depan dan Torsion Beam dengan coil spring di bagian belakang, terciptalah kenyamanan suspensi yang luar biasa. Mobil ini jadi enak kemudikan meskipun melewati jalanan yang berlubang atau berkontur. 

Sasis yang digunkan juga monokok, sehingga lebih nyaman seperti sedan. Mobil ini sama empuknya dengan Nissan Grand Livina sehingga penumpang tetap merasa nyaman meskipun diajak perjalanan jauh.

Kekurangan Suzuki Ertiga

1. Kurang Bertenaga


Suzuki Ertiga dibekali dengan mesin berkapasitas 1.400 cc. Secara besaran memang terlihat nanggung, karena tidak sekalian 1.500 cc seperti mobil MPV pada umunya seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Nissan Grand Livina dll. Namun mesin ini masih lebih besar dari Avanza varian 1.300 cc, jadi bisa dibilang berada di tengah-tengah. 

Dengan kapasitas mesin tersebut, Suzuki Ertiga mampu melecutkan tenaga yang dirasa kurang, yaitu hanya 95 dk pada putaran 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada putaran 4.000 rpm. 

2. Interior Cepat Kotor

Karena interiornya memiliki warna yang terang maka akan cepat kotor. Bagian-bagian yang mudah kotor biasanya yang sering kontak dengan penumpang, seperti jok, dashboard dan door trim.

3. Bagasi Kurang Lebar


Meskipun memiliki dimensi yang cukup lebar dan panjang layaknya mobil MPV pada umumnya, sayangnya kapasitas bagasinya dirasa masih sempit atau kurang lebar. Ini dikarenakan bagasi didesain standar untuk mempertahankan kesan elegan.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Yang Nyaman dengan Suspensi Empuk Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Yang Nyaman dengan Suspensi Empuk Reviewed by Salahuddin Udin on April 29, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar

About me

About Me

My name is Joanne Doe, a lifestyle photographer and blogger currently living in Osaka, Japan. I write my thoughts and travel stories inside this blog.