Kelebihan dan Kekurangan Suzuki XL7 Terbaru 2023


Suzuki mempunyai mobil segmen SUV yang cukup dibanggakan di Indonesia. Mobil itu adalah Suzuki XL7. Mobil ini memiliki desain yang cukup bagus, dan kini telah hadir versi hybridnya yang tentunya lebih hemat bahan bakar. Lalu apa sajakah kelebihan dan kekurangan Suzuki XL7 terbaru 2023? Simak selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Suzuki XL7 Terbaru 2023

1. Memiliki Fitur E-Mirror Touchscreen

Fitur ini merupakan fitur yang sangat berguna untuk memantau keadaan sekitar. Sayangnya fitur ini hanya tersedia pada varian Alpha yang merupakan varian tertinggi. Dengan fitur ini, spion tengah yang biasanya hanya berupa kaca, kini diubah menjadi layar sentuh yang bisa digunakan untuk memantau keadaan di belakang dan di depan mobil. Selain itu E-Mirror ini juga bisa berfungsi sebagai dashcam yang mampu merekam segala kejadian di depan mobil.

2. Tampilan Eksterior Lebih Sporty

Meskipun hanya facelift, namun perubahan eksterior yang disajikan cukup membuat mobil ini tampak lebih sporty. Grile nya pada varian Zeta kini telah memiliki warna krom sedangkan pada varian Beta dan Alpha dikombinasikan dengan warna hitam. Terlebih pada varian Alpha sudah dilengkapi dengan rear spoiler dan warna bodi two tone sehingga tampak jauh lebih sporty.

3. Mesin Hybrid Cerdas

Suzuki XL7 mengadopsi mesin hybrid buatan sendiri yang cerdas. Mesin Hybrid ini tersedia pada varian Beta dan Alpha. Mesin hybrid ini terdiri atas mesin bensin dan baterai listrik. Mesin bensin yang digunakan adalah New Engine K15B with SHVS-Integrated Starter Generator (ISG) sedangkan baterainya menggunakan Lithium Ion Battery Ah. Mesin dengan layout 4 silinder 1.462 cc ini dapat menghasilkan tenaga 105 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. 

Output ini disalurkan pada transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 5 percepatan. Mesin hybrid ini menggunakan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yang mana konsumsi bahan bakar bisa ditekan karena tindakan seperti akselerasi awal dan mulai bergerak saat posisi netral dibantu dengan tenaga listrik.

4. Fitur Cruise Control

Fitur ini tersedia pada varian Beta dan Alpha. Dengan fitur ini, mobil Suzuki XL7 dapat melaju di jalan tanpa perlu repot-repot menggerakkan setir, karena laju mobil akan mengikuti kendaraan di depannya namun tetap menjaga jarak aman. Ini adalah fitur yang sangat berguna untuk berkendara di jalan tol.

5. Interior Mewah

Interior yang mewah merupakan ciri khas dari mobil pabrikan Suzuki. Pada dashboardnya dilengkapi dengan ornamen kayu berwarna hitam, head unitnya menngunakan panel audio 8 inci, handle pintu berwarna krom, dan bagasi yang luas berkat kursi baris ketiga yang bisa dilipat. Selain itu ada juga AC otomatis, heater dan engine start stop button untuk varian Beta dan Alpha.

Kekurangan Suzuki XL7 Terbaru 2023

1. Fitur Kurang

Di kala merek-merek mobil lain sudah menyediakan fitur canggih seperti Honda Sensing, Toyota Safety Sense, ADAS, Hundai Smartsense, dll. Suzuki masih tetap mempertahankan fitur lamanya tanpa ada sensing-sensing seperti kompetitornya. Ini sebenarnya tergantung pada selera Anda, jika memang dirasa fitur-fitur tersebut tidak perlu, maka Suzuki XL7 bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda.

2. Desain Tidak Banyak Berubah

Karena merupakan facelift, maka tidak banyak yang berubah pada Suzuki XL7 ini. Perubahan yang paling menonjol mungkin hanya pada penggunaan mesin berbasis hybrid. Pembaruan warna grile nya tidak terlalu mencolok dan fitur E-Mirror juga tidak terlalu banyak perubahannya.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki XL7 Terbaru 2023 Kelebihan dan Kekurangan Suzuki XL7 Terbaru 2023 Reviewed by Salahuddin Udin on Juni 21, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar

About me

About Me

My name is Joanne Doe, a lifestyle photographer and blogger currently living in Osaka, Japan. I write my thoughts and travel stories inside this blog.