Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris Cross 2023, SUV 5 Seater Pendatang Baru yang Maskulin



Kehadiran Honda HR-V yang mendominasi pasar segmen SUV 5 seater cukup menjadi ancaman bagi Toyota. Meskipun Toyota telah mengeluarkan mobil SUV 5 seater andalannya yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky nyatanya belum mampu membendung penjualan Honda HR-V yang meroket. Ini merupakan ancaman yang cukup serius bagi Toyota sebagai pabrikan otomotif yang telah mendominasi selama puluhan tahun. Alhasil, untuk merebut kembali hati konsumen, Toyota mengeluarkan SUV 5 seater terbarunya, yaitu Toyota Yaris Cross. 


Dengan menyuguhkan beragam fitur yang tak kalah hebat dari SUV buatan Honda, Yaris Cross diharapkan mampu menarik hati masyarakat dan beralih menggunakan Yaris Cross sebagai kendaraan SUV 5 seater yang bisa diandalkan. Lalu, apa sajakah kelebihan yang ada pada mobil ini? Dan apa sajakah kekurangannya? Simak selengkapnya di bawah ini.


Kelebihan Toyota Yaris Cross 2023


1. Fitur Melimpah 



Mobil-mobil keluaran terbaru memang dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Namun semua itu sepadan dengan fitur-fitur yang ditambahkan, yang mana semakin lama maka semakin banyak pula fiturnya. Kemajuan teknologi otomotif yang bertumbuh pesat, memunculkan fitur-fitur yang semakin memanjakan penggunanya, tak terkecuali pada Toyota Yaris Cross. 


Mobil ini disematkan beragam fitur mobil modern kekinian, sehingga bisa juga disebut sebagai mobil terupdate. Fitur-fitur tersebut terdiri atas Head Unit 10,1 inch, Electric Seat Adjuster, Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6 Airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, dan Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM) dan Panoramic View Monitor.


2. Panoramic Glassroof



Ini merupakan fitur yang membuat mobil menjadi tampak mewah dan berkelas. Fitur panoramic glassroof membuat penumpang dan pengemudi bisa melihat pemandangan di atap, karena atapnya disematkan kaca yang tembus pandang. 


Sebelumnya, fitur ini telah hadir pada Kijang Innova Zenix, dan kini dihadirkan pula pada Yaris Cross. Fitur ini bernama lengkap Panoramic Glass Roof with Power Sunshade. Tambahan Power Sunshade membuatnya bisa dibuka tutup hanya dengan menekan tombol sehingga lebih praktis. 


3. Electric Seat Adjuster



Ini merupakan fitur yang membuat jok pengemudi menjadi lebih nyaman. Fitur bernama Electric Seat Adjuster ini membuat pengemudi bisa mengatur posisi duduknya, mulai dari maju mundur sampai keatas dan kebawah, sehingga pengemudi bisa menemukan posisi duduk yang tepat dan nyaman sesuai dengan tinggi badannya. 


Perlu Anda ketahui juga bahwa fitur ini tidak ada pada saingan beratnya seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta. Sehingga ini bisa menjadi poin plus bagi Toyota Yaris untuk bisa bersaing dalam merebut hati konsumen.


4. Harga Bersaing


Meskipun harganya belum diumumkan secara resmi, namun diperkirakan harganya akan berkisar antara Rp 300 - Rp 400 jutaan. Harga tersebut cukup bisa bersaing dengan harga kompetitor lainnya seperti Honda HR-V, Hyundai Creta dan Chery Omoda. 


Honda HR-V sendiri dibanderol dengan harga Rp 356 juta - Rp 500 juta, Hyundai Creta Rp 288 juta - Rp 404 juta dan Chery Omoda Rp 330 juta - Rp 400 juta. Jadi Toyota Yaris dengan segala fiturnya nampaknya masih bisa bersaing dalam harga yang ditawarkan.


5. Radius Putar Kecil



Ini akan menjadi keunggulan bagi Yaris Cross, karena dengan radius putar yang kecil akan membuatnya bisa putar balik dan berbelok dengan mudah. Kemampuan ini juga bisa digunakan untuk bermanuver dengan lincah. 


Radius putar Yaris Cross adalah 4,2 meter, ini lebih kecil dibandingkan pesaingnya seperti Honda HR-V yang memiliki radius putar 5,3 meter dan Hyundai Creta 5,5 meter. Dimensi Yaris Cross juga lebih kecil dibandingkan dengan kompetitornya, yaitu memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm dan tinggi 1.615 mm, serta wheelbase 2.620 mm.


6. Ada Opsi Mesin Hybrid



Toyota saat ini tengah gencar-gencarnya mengeluarkan produk mobil bermesin hybrid, tak terkecuali Yaris Cross. Ya, mobil ini memiliki opsi mesin hybrid yang tentunya membuat konsumsi bahan bakar lebih irit dan ramah lingkungan. 


Mesin tipe hybridnya merupakan kombinasi dari mesin bensin 1.500 cc berkode 2NR-VEX yang dikombinasikan dengan motor listrik. Mesin bensinnya memiliki tenaga 90 hp dan torsi 121 Nm, sedangkan motor listriknya memiliki tenaga 79 hp dan torsi 141 Nm. Jika digabungkan, maka tenaga maksimal yang mampu dihasilkan mobil ini adalah 110 hp.  


Untuk tipe non hybridnya memiliki tenaga yang lebih kecil, yaitu 104,5 hp dengan torsi maksimal 138 Nm. Mesinnya berkodekan 2NR-VE dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan CVT. 


7. Power Backdoor with Kick Sensor



Fitur ini merupakan fitur yang biasanya tersedia pada mobil-mobil kelas atas dan mewah. Namun tidak untuk sekarang, karena Toyota telah menghadirkannya pada mobil medium SUV terbarunya yaitu Yaris Cross. Dengan fitur ini, maka pintu bagasi dapat dibuka atau ditutup hanya dengan mengayunkan kaki pada bagian bawah bagasi mobil. Ini sangat membantu bagi Anda saat membawa barang bawaan banyak dan kesulitan untuk membuka pintu bagasi. 


Kekurangan Toyota Yaris Cross 2023


1. Ukuran Nanggung



Mobil ini dibuat dengan tujuan untuk menyaingi Honda HRV, Hyundai Creta maupun Wuling Alvez. Namun sayangnya dimensi mobil ini tidak sebongsor mereka. Dimensi Toyota Yaris Cross adalah panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm dan wheelbase 2.620 mm. 


Bandingkan dengan dimensi Honda HRV yang memiliki panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.590 mm dan wheelbase 2.610 mm. Memang selisihnya tidak terlalu banyak, namun desainnya yang mirip Rayze membuat mobil ini terlihat kalah bongsor dengan mobil SUV 5 seater merek lain.


2. Tenaga Mesin Kurang



Lagi-lagi tenaga mesin masih kalah jika dibandingkan dengan mobil merek lain dengan kelas yang sama. Toyota Yaris Cross 2023 versi hybridnya mampu menghasilkan tenaga 110 hp. Namun angka ini masih kalah jika dibandingkan dengan rivalnya Honda HR-V dan Hyundai Creta. Dimana Honda HR-V mampu menghasilkan tenaga hingga 119 hp sedangkan Hyunda Creta 113 hp. Ini akan menjadi kendala bagi Anda yang mementingkan performa diatas kenyamanan. Karena tenaga mesin akan mempengaruhi kecepatan dan akselerasi mobil.


3. Panoramic Glassroof Tidak Bisa Dibuka


Fitur ini memang mampu memberikan kebebasan dalam mengamati pemandangan luar mobil. Namun sayangnya ini bukan panoramic sunroof, melainkan panoramic glassroof. Yang mana pada panoramic glassroof, kacanya tidak bisa dibuka lalu membiarkan udara masuk ke dalam mobil, atau mengeluarkan kepala penumpang ke luar atap agar bisa lebih leluasa mengamati pemandangan sekitar. 


Ini merupakan salah satu kelemahan yang dimiliki Yaris Cross 2023, padahal pada Hyundai Creta sudah dilengkapi dengan panoramic sunroof sehingga kepala bisa keluar masuk atap dengan leluasa.


Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris Cross 2023, SUV 5 Seater Pendatang Baru yang Maskulin Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris Cross 2023, SUV 5 Seater Pendatang Baru yang Maskulin Reviewed by Salahuddin Udin on Juni 04, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar

About me

About Me

My name is Joanne Doe, a lifestyle photographer and blogger currently living in Osaka, Japan. I write my thoughts and travel stories inside this blog.