Apa Itu CBS Pada Sepeda Motor ? Simak Penjelasannya Disini

 

Para pengguna kendaraan bermotor pasti pernah menjumpai motor tipe CBS dan Non CBS. Apa sih CBS itu sebenarnya ? CBS merupakan kepanjangan dari Combi Brake System yaitu merupakan rem kombinasi dimana jika Anda menarik tuas rem maka rem di kedua roda akan aktif, jadi bukan hanya di satu roda saja. 

Fitur ini tersedia pada motor-motor keluaran terbaru, dan sepertinya sudah menjadi fitur wajib bagi motor. Fitur ini hanya disematkan pada tuas rem belakang, jadi jika Anda menekan tuas rem belakang maka rem roda belakang dan rem roda depan akan aktif. Namun untuk tuas rem depan tidak demikian, tuas rem depan tidak disematkan CBS, jadi jika tuas rem depan ditarik, maka yang aktif hanya rem roda depan saja.

Cara Kerja Rem CBS

Cara kerja rem CBS adalah dengan menghubungkan tuas rem belakang dengan equalizer. Equalizer kemudian akan mendistribusikan tenaga dari tuas rem belakang ke rem belakang dan tuas ungkit. Tuas ungkit tersebut terhubung dengan knocker yang kemudian menekan piston hidrolik yang mengaktifkan rem cakram depan. 

Pada proses ini, rem depan dan belakang akan aktif secara otomatis saat tuas ditarik. Sistem rem CBS ini membuat jarak berhenti saat pengereman semakin pendek, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Namun perlu digarisbawahi, agar rem CBS berfungsi dengan baik, jangan lupa untuk selalu rutin melakukan pengecekan dan servis rem di bengkel resmi.


Apa Itu CBS Pada Sepeda Motor ? Simak Penjelasannya Disini Apa Itu CBS Pada Sepeda Motor ? Simak Penjelasannya Disini Reviewed by Salahuddin Udin on Juni 29, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar

About me

About Me

My name is Joanne Doe, a lifestyle photographer and blogger currently living in Osaka, Japan. I write my thoughts and travel stories inside this blog.