Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra, Mobil LMPV LCGC Sejuta Umat


Anda penggemar mobil LCGC 7 seater pasti sudah tidak asing dengan mobil yang satu ini. Ya, apalagi kalau bukan Daihatsu Sigra. Kiprahnya di tanah air sudah sangat besar, hal ini terbukti dari awal perilisan sampai sekarang yang mana mobil ini masih banyak diminati di masyarakat. Daihatsu Sigra pun sampai saat ini masih menjadi tulang punggung produk Daihatsu karena jumlah penjualannya yang banyak.

Salah satu faktor dari lakunya mobil ini adalah karena harganya yang murah. Dengan harga yang hampir sama dengan Daihatsu Ayla, mobil ini sangat pas bagi Anda yang menginginkan mobil keluarga yang murah meriah, dengan harga yang terjangkau namun memiliki akomodasi yang banyak. Lantas, apa sajakah kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra, simak ulasannya di bawah ini.

Kelebihan Daihatsu Sigra 

1. Harganya Murah


Ini merupakan kelebihan utama bagi mobil LCGC seperti Daihatsu Sigra. Dengan harga yang berkisar antara Rp 130 juta sampai Rp 171 juta, maka mobil ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki budget yang terbatas namun menginginkan mobil yang bisa muat banyak dan serba bisa. 

Ini karena pada Daihatsu Sigra bangku baris keduanya bisa dilipat sehingga bagasinya bisa memuat banyak barang. Meskipun kabin dan bagasinya tidak seluas Avanza atau Xenia, namun ini cukup sepadan dengan harga yang ditawarkan.

2. Konsumsi Bahan Bakar Irit


Sesuai segmennya yang masuk ranah LCGC. Daihatsu Sigra didesain hemat bahan bakar, cc mesinnya pun juga hanya tersedia dalam dua varian, yaitu 1.000 cc dan 1.200 cc. Ini tentunya membuat konsumsi bahan bakar Sigra irit, sehingga lebih ramah lingkungan dan hemat biaya. Rasio kompresi mobil ini adalah 11,5 : 1 sehingga membuatnya lebih cocok menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 seperti pertamax.

3. Kabin Cukup Luas


Daihatsu Sigra memiliki dimensi panjang 4.110 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600. Membuatnya cukup untuk dinaiki 7 orang sekaligus. Selain itu, dengan kemampuan melipat kursi di baris ketiga membuat bagasinya lebih luas sehingga akomodasinya pun cukup memuaskan. Anda bisa membawa penumpang maupun barang dengan jumlah yang cukup banyak.

4. Hiburan Cukup Menarik


Seperti halnya mobil modern saat ini, Daihatsu Sigra juga menyematkan fitur hiburan head unit double din layar sentuh yang bisa digunakan untuk memutar musik melalui sambungan bluetooth di smartphone. Atau bisa juga digunakan untuk memutar radio untuk mendengarkan informasi seputar perjalanan.

5. Menyediakan Banyak Varian


Daihatsu Sigra dibuat dengan banyak varian untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen. Variannya diantaranya ada 1.0 D MT, 1.0 M MT, 1.2 X MT, 1.2 R MT, 1,2 X AT, dan 1.2 R AT. Semuanya memiliki tambahan fitur sendiri-sendiri yang menyesuaikan kebutuhan konsumen. Jadi Anda bisa memilih varian mana yang sekiranya cocok untuk Anda. 

Kekurangan Daihatsu Sigra

1. Material Kurang Bagus


Sesuai dengan harganya yang murah, Daihatsu Sigra dibekali dengan material yang cenderung kurang bagus. Materialnya menggunakan plastik yang kurang kokoh sehingga berdampak pada peredaman kabin. Anda akan merasakan peredaman kabin yang kurang baik saat menggunakan mobil ini. 

2. Kursi Baris Ketiga Sempit


Meskipun muat untuk 7 orang, sayangnya kursi pada baris ketiganya sempit sehingga untuk penumpang dewasa akan kesulitan untuk bergerak atau bahkan kepala bisa membentur atap saat duduk di baris ketiga. Oleh karena itu, sebaiknya kursi baris ketiga diisi oleh anak kecil saja atau remaja yang tingginya kurang dari 165 cm.

3. AC Kurang Terasa di Baris Kedua dan Ketiga


Pada baris kedua dan ketiga tidak dilengkapi AC double blower, melainkan hanya air circulator yang berfungsi menyalurkan suhu AC di baris pertama ke baris kedua dan ketiga. Ini akan mebuat suhu AC tidak tersalurkan secara langsung, atau dibutuhkan waktu beberapa saat agar suhu AC bisa dingin merata sampai ke belakang. 

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra, Mobil LMPV LCGC Sejuta Umat Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra, Mobil LMPV LCGC Sejuta Umat Reviewed by Salahuddin Udin on Juni 09, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar

About me

About Me

My name is Joanne Doe, a lifestyle photographer and blogger currently living in Osaka, Japan. I write my thoughts and travel stories inside this blog.