Ini Dia Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak pada Kendaraan

Anda mungkin sering mendengar kendaraan memiliki mesin 2 tak atau 4 tak. Namun apakah Anda tahu apa itu 2 tak atau 4 tak ? Kita akan membahas selengkapnya disini. Pertama kita akan bahas dahulu apa itu tak pada mesin kendaraan. 

Tak merupakan jumlah langkah pada kendaraan, yang mana pada kendaraan bermesin 2 tak, berarti mesinnya membutuhkan 2 langkah untuk melakukan satu siklus pembakaran sedangkan 4 tak berarti mesin membutuhkan 4 langkah untuk melakukan satu siklus pembakaran. 

Cara Kerja Mesin 2 Tak

Berikut ini cara kerja mesin 2 tak, mesin 2 tak memiliki 2 langkah pembakaran, yaitu :

  1. Langkah hisap dan kompresi, pada langkah ini piston bergerak dari bawah ke atas. Pada langkah hisap, piston didorong keatas yang kemudian menghisap campuran udara dan bahan bakar. Lalu pada saat itu juga terjadi langkah kompresi dimana campuran bahan bakar dan udara dimampatkan. Kedua langkah tersebut terjadi dalam waktu yang bersamaan.
  2. Langkah usaha dan buang, pada langkah ini ada langkah usaha dan buang dimana piston bergerak dari atas ke bawah. Pada langkah usaha, busi memantik percikan api yang memicu ledakan kecil yang kemudian mendorong piston ke bawah. Pada saat itu juga, terjadi langkah buang yaitu dimana saat piston didorong kebawah, piston juga mendorong udara dibawahnya yang kemudian mendorong udara hasil sisa pembakaran keluar. Kedua langkah tersebut juga terjadi dalm waktu yang bersamaan.

Jadi, pada mesin 2 tak, satu siklus pembakarannya akan menghasilkan satu putaran piston.

Cara Kerja Mesin 4 Tak

Berikutnya adalah mesin 4 tak, pada mesin ini, terjadi 4 langkah dalam satu siklus pembakaran, yaitu : 

  1. Langkah hisap, pada langkah ini katup inlet akan terbuka dan piston bergerak dari atas ke bawah sehingga menghisap udara segar masuk ke piston. 
  2. Langkah kompresi, pada langkah ini piston bergerak dari bawah ke atas, udara di atas piston dimampatkan sehingga terjadilah kompresi dimana udara yang terkompresi suhunya meningkat.
  3. Langkah usaha, pada langkah ini busi memantik api pada udara yang terkompresi. Ini akan memicu ledakan kecil sehingga mendorong piston dari atas ke bawah. 
  4. Langkah buang, pada langkah ini piston akan bergerak dari bawah keatas dan katup outlet akan terbuka sehingga udara hasil pembakaran terdorong keluar.

Jadi, pada mesin 4 tak, satu siklus pembakarannya akan menghasilkan dua putaran piston. 

Kelebihan Mesin 2 Tak

  • Tenaga yang dihasilkan lebih besar, bisa 1,5 sampai 2 kali lipat lebih besar dari mesin 4 tak
  • Akselerasinya lebih besar

Kekurangan Mesin 2 Tak

  • Mesin 2 tak konsumsi bahan bakarnya lebih boros karena bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna, 
  • Penggunaan oli samping pada 2 tak membuat asap kendaraan ini lebih mengepul dan tidak ramah lingkungan

Kelebihan Mesin 4 Tak

  • Mesin 4 tak irit bahan bakar karena bahan bakarnya bisa terbakar dengan sempurna. 

Kekurangan Mesin 4 Tak

  • Tenaganya lebih kecil dan akselerasinya lebih rendah.

Saat ini pabrikan motor maupun mobil berlomba-lomba untuk membuat mesin 4 tak karena lebih irit bahan bakar, ramah lingkungan dan tidak menghasilkan polusi yang berlebihan.


Ini Dia Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak pada Kendaraan Ini Dia Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak pada Kendaraan Reviewed by Salahuddin Udin on Juni 27, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar

About me

About Me

My name is Joanne Doe, a lifestyle photographer and blogger currently living in Osaka, Japan. I write my thoughts and travel stories inside this blog.