Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback, Mobil Hatchback Berkelas Namun Kurang Fitur


Hatchback adalah salah satu jenis mobil yang memiliki desain mirip sedan dengan bagian belakang yang menyempit. Dengan bentuknya yang tidak terlalu panjang, mobil ini banyak disukai orang karena bentuknya yang sporty dan kompak. Kali ini kita akan membahas salah satu hatchback buatan Honda yang berkelas namun sayangnya masih kurang dalam segi fitur, yaitu Honda Civic Hatchback.

Honda Civic Hatchback merupakan salah satu produk unggulan Honda yang memiliki bentuk bodi yang memukau. Kita akan mengulas lebih dalam lagi mengenai kelebihan dan kekurangan Honda Civic Hatchback di bawah ini.

Kelebihan Honda Civic Hatchback 2023

1. Mesin Bertenaga

Honda Civic dibekali dengan mesin berkapasitas 1,5 L dengan tambahan turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 173 dk pada 5.500 rpm dengan torsi maksimal 220 Nm. Tenaga sebesar ini tentunya sudah lebih dari cukup untuk melalui jalan raya dengan kecepatan tinggi. Tenaga sebesar itu dapat dihasilkan Honda Civic Hatchback berkat teknologi VTEC dan turbo.

2. Konsumsi Bahan Bakar Irit

Karena memiliki teknologi turbocharge, maka konsumsi bahan bakarnya irit. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan mode ECON yang mempu menghemat konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar mobil ini dapat mencapai 14 km/liter untuk dalam kota dan 20 km/liter untuk luar kota. 

3. Fitur Keselamatan Lengkap

Karena mobil ini merupakan mobil bergaya mobil balap yang bisa dipacu dengan kecepatan tinggi, maka sudah selayaknya Honda Civic Hatchback memiliki fitur keselamatan yang lengkap. Fiturnya terdiri atas Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist dan airbag pada 6 titik. Mobil ini juga mendapatkan bintang 5 pada tes tabrak Euro NCAP 2017.  

4. Desain Sporty


Honda Civic Hatchback memiliki desain yang sporty dengan lekukan yang indah layaknya mobil balap. Pada bagian bumper belakangnya ada knalpot dobel yang membuatnya tampak seperti mobil balap kekinian. Mobil ini tampak sporty dan tampan baik dilihat dari depan, samping, maupun belakang.

Kekurangan Honda Civic Hatchback 2023

1. Tidak Memiliki Honda Sensing

Dengan harga hampir setengah miliar, Honda Civic Hatchback masih belum dilengkapi fitur Honda Sensing. Ini sangat disayangkan karena Honda Sensing merupkana fitur keselamatan yang sangat lengkap yang sebenarnya akan cocok sekali disematkan pada Honda Civic yang memiliki performa tinggi. 

2. Hanya Memiliki Satu Varian

Pada awalnya, Honda Civic Hatchback memiliki dua varian, yaitu tipe E dan S. Namun sayangnya varian tersebut tidak diproduksi lagi dan kini digantikan dengan varian RS. Varian RS yang merupakan tipe tertinggi tentunya tidaklah murah, dimana banderol harganya mencapai Rp 499 juta. Ini membuat konsumen tidak bisa memilih varian lain selain varian ini.

3. Hanya Tersedia Transmisi CVT

Sangat disayangkan mobil dengan ciri khas mobil balap ini tidak menyediakan transmisi manual yang seru untuk dioperasikan dan bisa menghasilkan performa kecepatan lebih besar lagi. Memang transmisi CVT bisa menghadirkan performa penambahan kecepatan yang halus dan mudah, namun sebenarnya kurang cocok digunakan untuk mobil balap hatchback seperti Honda Civic Hatchback ini.
Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback, Mobil Hatchback Berkelas Namun Kurang Fitur Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback, Mobil Hatchback Berkelas Namun Kurang Fitur Reviewed by Salahuddin Udin on Juni 11, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar

About me

About Me

My name is Joanne Doe, a lifestyle photographer and blogger currently living in Osaka, Japan. I write my thoughts and travel stories inside this blog.